Workshop Visi Misi Tujuan dan Strategi Program Studi S1 Teknik Elektro UNIMUS 2022

Workshop Visi Misi Tujuan dan Strategi Program Studi S1 Teknik Elektro UNIMUS 2022 – Baru baru ini Prodi Teknik Elektro Unimus
Workshop Visi Misi Tujuan dan Strategi Prodi S1 Teknik Elektro UNIMUS 2022 dengan tema Workshop Visi, Misi  dan Kurikulum Program Studi Teknik Elektro Unimus Berdasarkan Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MB-KM) dalam Meningkatkan Lulusan Mahasiswa Teknik Elektro yang Unggulyang dilaksanakan di Kamis, 22 Desember 2022.

Kurikulum Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) yang sedang digunakan saat ini disusun sesuai dengan profil lulusan yang akan di kembangkan berdasarkan pada KKNI level 6 (enam) yang dirumuskan dalam Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Kurikulum tersebut telah disetujui oleh Rektor Unimus dengan Nomor 339/UNIMUS/SK.KR/2021 dan telah dilaksanakan selama 3 (tiga) tahun akademik perlu dilakukan peninjauan.

Selanjutnya, untuk menghadapi tantangan masa depan yang begitu cepat dan telah ditinjaunya kebijakan MB-KM, Program Studi Teknik Elektro Unimus melihat adanya kesenjangan kurikulum yang telah dijalankan terhadap profile lulusan yang diperlukan industri dan masyarakat saat ini.

Berdasarkan 2 permasalahan tersebut, diperlukan peninjauan kembali terhadap Visi, Misi dan Kurikulum yang sudah ada tersebut sehingga dapat dirumuskan satu kurikulum yang sesuai untuk menghasilkan lulusan dengan capaian pembelajaran unggulan, dengan lulusan yang berkualitas, berkarakter dan berdaya saing global yang diharapkan melalui Lokakarya Pengembangan Visi, Misi dan Kurikulum Program Studi Teknik Elektro Unimus.

Peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh dosen di  prodi S1 Teknik Elektro , stakeholder, dan beberapa alumni prodi S1 Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Semarang.

 

Pada kegiatan ini dihadirkan dua orang pembicara. Pembicara pertama adalah Dr. Dian Retno Sawitri, S.T., M.T. sebagai Dewan Penasehat FORTEI Jawa Tengah dan pembicara yang kedua dari LP3M Unimus Dr. Amin Samiasih, S.Kp., M.Si., Med. Pelaksanaan kegiatan ini secara daring dan luring, sehingga banyak alumni yang mengikuti kegiatan ini untuk dapat memberikan saran dan masukan Visi Misi Prodi Teknik Elektro.

 

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan tanya jawab antara peserta workshop kepada narasumber.

Demikian laporan Kegiatan Workshop Visi Misi Tujuan dan Strategi Program Studi S1 Teknik Elektro UNIMUS 2022 ini untuk digunakan sebagai acuan dalam  kegiatan berikutnya.

 

Workshop Visi Misi Tujuan dan Strategi Program Studi S1 Teknik Elektro UNIMUS 2022