KKL Kelas Karyawan Prodi Teknik Elektro Unimus Angkatan 2020

KKL Kelas Karyawan Prodi Teknik Elektro Unimus Angkatan 2020 kegiatan tersebut di laksanakan di Kamis, 24 November 2022.

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan bentuk kegiatan berupa pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk terjun langsung mempelajari bagaimana proses bisnis dan kegiatan pada industri (dunia kerja) yang tidak didapatkan di perguruan tinggi. KKL bertujuan untuk meningkatkan visi, misi, serta kualitas bagi mahasiswa dalam hal praktik lapangan serta prestasi belajar dalam hal akademik.

Dunia kerja membutuhkan individu yang memiliki kualitas maupun kuantitas tinggi baik dari segi pengalaman kerja maupun berpikir kritis untuk memecahkan setiap masalah yang dihadapi. Oleh karena itu, banyaknya pengalaman kerja akan membuat individu akan semakin berkembang, baik dari segi kemampuan maupun cara berpikirnya. Melalui Kuliah Kerja Lapangan (KKL) diharapkan mahasiswa mendapat pengalaman serta mengenal dunia kerja secara langsung dan memahami gambaran cara kerja yang baik. Sehingga nantinya mahasiswa dapat bersaing pada dunia kerja dan dapat menjadi pekerja yang handal pada masing-masing bidang yang sudah ditekuni.

Tempat yang menjadi tujuan KKL adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pacitan yang terletak di Jalan Pacitan – Trenggalek Km 55, Desa Sukorejo, Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan. PLTU Pacitan sendiri diresmikan pada tanggal 16 Oktober 2013 oleh Presiden SBY, guna akselerasi dari program pembangunan kelistrikan di Indonesia untuk mencapai visi 75-100. Memiliki dua unit pembangkit dengan kapasitas total tenaga listrik yang dihasilkan sebesar 630 MW untuk menyalurkan energi listrik di JawaMadura-Bali.

Peserta Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah Mahasiswa Program Studi S1 Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Semarang Angkatan 2020 dan mahasiswa lintas jalur tahun 2022. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Dosen Pendamping KKL yang diwakili oleh Sekretaris Prodi Teknik Elektro Arief Hendra Saptadi, S.T., M.Eng. 

 

Kegiatan KKL ini diharapkan mampu mengenalkan dan menambah pengalaman mahasiswa tentang dunia kerja di lingkungan industri dan usaha. Selain itu kegiatan ini diharapkan mampu menjembatani relevansi antara ilmu teoritis dari perguruan tinggi dengan ilmu terapan yg sudah diimplementasikan di lapangan. Serta memotivasi mahasiswa supaya terus berkembang dan inovatif.

 

 

Demikian laporan Kegiatan KKL Kelas Karyawan Prodi Teknik Elektro Unimus Angkatan 2020 Prodi S1 Teknik Elektro UNIMUS ni untuk digunakan sebagai acuan dalam kegiatan berikutnya.

 

KKL Kelas Karyawan Prodi Teknik Elektro Unimus Angkatan 2020