Mahasiswa Teknik Elektro UNIMUS Berangkat ke Sun Moon Korea

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Pelepasan Mahasiswa Teknik Elektro Program Dual Degree

Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melepas pengiriman tiga orang mahasiswa untuk mengikuti program dual degree (joint degree) dengan Sunmoon University, Korea pada hari Senin, 15 Februari 2016. Pelepasan dilaksanakan bersamaan kegiatan doa pagi hari Senin yang dihadiri oleh jajaran pimpinan, civitas akademika Unimus, mahasiswa yang akan dilepas beserta orangtua masing-masing.

Tahapan Dual Degree

Kerjasama Unimus dengan Sunmoon University dimulai sejak ditandatanganinya MoU pada 15 Januari 2015 dan berlanjut dengan kesepakatan yang tertuang dalam MoA 13 November 2015 yang didalamnya disebutkan mengenai program joint degree. Melalui proses seleksi, akhirnya berhasil menjaring 3 mahasiswa Fakultas Teknik yaitu Abas Riyono (S1 Teknik elektro), Haditya Naufal Fattah dan Fahrul Nurfatah (S1 Teknik mesin). Ketiga mahasiswa tersebut berangkat dengan beasiswa penuh dari Korean Government Scholarship Program (KGSP) dan berkesempatan memperoleh beasiswa dari Sunmoon University.

Pelepasan Mahasiswa Teknik Elektro Program Dual Degree
Pelepasan Mahasiswa Teknik Elektro Program Dual Degree

Rektor Unimus (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd.) menyampaikan bahwa dengan diberangkatkannya mahasiswa Unimus mengikuti program joint degree merupakan bentuk visi, yaitu berwawasan internasional. Kurikulum Unimus diatur agar dapat menyesuaikan dengan standar kurikulum dan kompetensi internasional, sehingga lulusan Unimus dapat bersaing dalam pangsa internasional seperti yang sudah dicapai oleh alumni Unimus yang telah tersebar hingga ke benua Asia, Amerika dan Eropa. Wakil Rektor I (Dr. Sri Darmawati, M.Si.) berpesan agar para mahasiswa akan tetap membawa adab ketimuran dan memenuhi kewajibannya sebagai muslim yang baik ketika tinggal di Korea. Yang paling penting adalah mempertahankan prestasi dan nilai akademik ketika belajar disana, agar ketika kembali ke Indonesia dapat membawa ilmu yang bermanfaat dan menjadi contoh bagi adik-adik kelas agar termotivasi mengikuti program-program selanjutnya. Mahasiswa akan diberangkatkan pada tanggal 26 Februari 2016 bersamaan dengan peserta joint degree dari Universitas lain yang dikoordinasi oleh SEAMOLEC dan akan kembali dalam waktu 2,5 tahun dengan membawa gelar Bachelor of Engineering dari Sunmoon University.

Mahasiswa Teknik Elektro UNIMUS Berangkat ke Sun Moon Korea

Pelepasan Mahasiswa Teknik Elektro Program Dual Degree