Kurikulum KBK KKNI

Kurikulum Teknik Elektro UNIMUS Berbasis Kompetensi dengan KKNI

A. PROFIL LULUSAN PSTE UNIMUS

Capaian Program (Program Outcome) yaitu Lulusan Teknik Elektro UNIMUS memiliki kecakapan sebagai berikut :

  1. Merancang, mengembangkan, menguji dan mengawasi pembangunan, instalasi, pemeliharaan dan operasional dari peralatan dan sistem elektrik dan elektronik.
  2. Menggunakan tools matematika, fisika dan sains alam, dan alat bantu rekayasa modern (computer aided analysis and design software and or hardware) untuk memecahkan masalah-masalah teknis dan memenuhi kebutuhan masyarakat.
  3. Memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dan terlibat secara profesional dan sosial.
Profesi Lulusan Teknik Elektro di antaranya sebagai berikut
  1. Power engineer
  2. Control engineer
  3. Electronic engineer
  4. Microelectronics engineer
  5. Signal processing engineer
  6. Telecommunications engineer
  7. Instrumentation engineer
  8. Computer engineer
  9. Biomedical Engineer

B.      KOMPETENSI LULUSAN (CAPAIAN PEMBELAJARAN/LEARNING OUTCOME)

1.     ASPEK SIKAP
  • Beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
  • Menunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
  • Menginternalilsasi nilai, norma, dan etika akademik.
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme yang tinggi dan bertanggung jawab pada negara dan bangsa.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, clan kewirausahaan;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
2.     ASPEK KETRAMPILAN UMUM
  • Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam bidang ilmu dan/atau teknologi di bidang keahliannya;
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
  • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  • Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  • Mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif.
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar
  • Kemampuan untuk bekerjasama dalam tim multi-disiplin.
  • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  • Menyadari akan kebutuhan, dan kemampuan untuk melakukan pembelajaran seumur hidup.
3.     ASPEK KETRAMPILAN KHUSUS
  • Kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan di bidang matematika, sains dan teknik.
  • Kemampuan untuk mendesain dan melakukan eksperimen, juga menganalisa dan menginterpretasikan data.
  • Kemampuan untuk mendesain suatu sistem, komponen atau proses untuk memperoleh hasil yang diinginkan dan memenuhi kendala-kendala yang realistik seperti ekonomi, lingkungan, social, politik, etika, kesehatan dan keselamatan, dapat di produksi, dan keberlanjutan.
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi, memformulasi dan memecahkan masalah-masalah teknis.
  • Pemahaman mengenai tanggung jawab profesi dan etika.
  • Pendidikan dengan cakupan yang luas diperlukan untuk memahami pengaruh solusi teknik dalam konteks global dan sosial.
  • Pengetahuan akan topik-topik terkini.
  • Kemampuan menggunakan teknik, keterampilan dan perangkat teknik modern yang dibutuhkan dalam praktek di bidang teknik.
  • Memiliki pengetahuan yang cukup luas dalam bidang Teknik Elektro termasuk Teknik Tenaga, Teknik Telekomunikasi, Sistem Kendali, Sistem Instrumentasi, Mikroelektronika, Pengolahan Sinyal Digital, Sistem Mikroprosesor dan Komputer serta Material Teknik Elektro.
  • Mendalami minimal salah satu bidang konsentrasi.
  • Memiliki pengetahuan probabilitas dan statistik dan aplikasinya dalam Teknik Elektro dan Sistem Komputer.
  • Memiliki pengetahuan matematika dalam kalkulus diferensial dan integral.
  • Memiliki pengetahuan sains dasar, sains komputer dan sains rekayasa yang diperlukan untuk menganalisis dan merancang divais elektronik atau elektrik yang kompleks, perangkat lunak dan sistem yang terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak.
  • Pengetahuan dalam matematika lanjut yaitu aljabar linier, variabel kompleks dan matematika diskrit.
  • Memiliki latar belakang untuk meneruskan pendidikan pada tahap selanjutnya.
4.     ASPEK PENGETAHUAN/BAHAN KAJIAN (BODY OF KNOWLEDGE) S1 TEKNIK ELEKTRO UNIMUS
Tabel Bahah Kajian S1 TEKNIK ELEKTRO UNIMUS

No.Pengetahuan (Body of Knowledge)
1.   Al Islam & Kemuhammadiyahan
2.   Bahasa dan Komunikasi
3.   Pancasila & Kewarganegaraan
4.   Etika Profesional dan Kewirausahaan
5.   Matematika Dasar
6.   Fisika
7.   Probabilitas & Statistika
8.   Matematika Lanjut
9.   Sistem Digital
10. Elektronika
11. Rangkaian Listrik
12. Pemrograman dan Komputer
13. Elektromagnetik
14. Bahan Listrik
15. Pengukuran dan Instrumentasi
16. Sistem Kontrol
17. Mikroprosesor
18. Sistem Tenaga
19. Sistem Telekomunikasi
20. Keinsinyuran (Seminar, KP, Skripsi)

HUBUNGAN BAHAN KAJIAN, KUALIFIKASI, STRATEGI PEMBELAJARAN
TAKSONOMI BLOOM REVISI 2001

C1           :Mengingat.

Kata-kata operasional yang digunakan adalah mengurutkan, menjelaskan, mengidentifikasi, menamai, menempatkan, mengulangi, menemukan kembali.
C2           : Memahami
Kata-kata operasional yang digunakan adalah menafsirkan, meringkas mengklasifikasikan, membandingkan, menjelaskan, membeberkan.
C3           :Menerapkan
Kata-kata operasional yang digunakan adalah melaksanakan, menggunakan, menjalankan, melakukan, mempraktekan, memilih, menyusun, memulai, menyelesaikan, mendeteksi.
C4           :Menganalisis
Kata-kata operasional yang digunakan adalah menguraikan, membandingkan, mengorganisir, menyusun ulang, mengubah struktur, mengkerangkakan, menyusun outline, mengintegrasikan, membedakan, menyamakan, membandingkan, mengintegrasikan.
C5           :Mengevaluasi
Kata-kata operasional yang digunakan adalah menyusun hipotesi, mengkritik, memprediksi, menilai, menguji, membenarkan, menyalahkan.
C6           :Berkreasi
Kata-kata operasional yang digunakan adalah merancang, membangun, merencanakan, memproduksi, menemukan, membaharui, menyempurnakan, memperkuat, memperindah, menggubah.
KODE STRATEGI PEMBELAJARAN
A : Small Group Discussion (SGD)
B : Simulasi/ Demonstrasi (SND)
C : Discovery Learning (DL)
D : Self Directed Learning (SDL)
E : Cooperative Learning (CL)
F : Collaborative Learning (CbL)
G : Experiental Learning (ExL)
H : Contextuat Instruction (CI)
I  : Project Base Learning (PjBL)
J : Case Study (CS)
K : Computer Aided Learning (CAL)
L : Laboratorium Based Learning (LBL)

Sebaran Matakuliah silakan unduh di link berikut : Kurikulum Teknik Elektro KBK UNIMUS 2012

kurikulum elektro unimus

KURIKULUM ELEKTRO UNIMUS

Teknik Elektro Unimus