Workshop IT World Class University

workshop it world class university

UNIMUS | SEMARANG- Selasa (03/11/2015)

Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menyelenggarakan workshop pembangunan sistem informasi. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan daya saing dan berupaya menuju World Class University tahun 2020. Tujuan workshop untuk membangun sistem informasi yang dapat mensuport kinerja semua civitas academica UNIMUS.

Sebagai nara sumber Seminar adalah  Rektor Unimus Bapak Prof. Dr. Masrukhi. M.Pd. dan Pakar IT di Universitas Diponegoro (Undip) Adian Fatchur Rochim, ST.  MT., beliau yang telah berhasil membawa Undip terdepan di bidang IT yang pernah mendapat ranking 1 reposiotori versi webometric di Indonesia.

Pointer Workshop

Beberapa point masukan dari Prof. Masrukhi yaitu web UNIMUS harus menjadi media informasi sehingga sekecil apapun kejadian positif dapat segera muncul menjadi berita. Berita harus menarik dari konten dan judulnya bukan hanya datar-datar saja. Selain itu tampilan web juga harus enak dilihat.

Adian Fatchur Rochim, ST.  MT. sebagai pakar IT memberikan sebuah mindset bahwa pembangunan IT bukanlah untuk mencari peringkat webometric, namun untuk memudahkan dan mensuport semua civitas academica agar dapat berkegiatan dengan baik. Sedangkan peringkat webometric otomatis akan mengikuti sebagai efeknya.

workshop it world class university

workshop it world class university

Untuk membangun IT menuju world class university diperlukan komitmen dari semua pihak dan terutama dari jajaran pimpinan karena harus bersifat top down dan tidak dapat demokrasi. Hal ini wajar karena dengan meningkatnya kualitas web UNIMUS secara alami akan meningkatkan pengunjung dan ini membutuhkan sarana dan prasarana yang harus dipersiapkan secara matang.

Sebagai salah satu indikator perangkingan webometrik, Unimus selama 5 tahun terakhir memiliki rata-rata ranking 99 di Indonesia (yang fluktuatif seiring ketatnya persaingan global) masuk 100 besar perguruan tinggi di Indonesia dari sebanyak 4.327 perguruan tinggi yang terdiri dari 369 perguruan tinggi negeri dan 3.958 perguruan tinggi swasta (sumber:dikti.go.id).   Pada perankingan 4ICU yang merangking berdasarkan pilihan tempat pendididikan Unimus pada tahun 2015 pada posisi ranking 80 di Indonesia, perguruan tinggi swasta pilihan pertama di Kota Semarang.

Teknik Elektro Unimus