Program Studi S1 Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Semarang membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun akademik 2018/2019. Universitas Muhammadiyah Semarang telah terakreditasi B untuk kriteria Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) oleh BAN-PT. Program Studi S1 Teknik Elektro telah terakreditasi B oleh BAN-PT dan saat ini sedang menempuh proses akreditasi ulang.

Terdapat dua konsentrasi yang dapat dipilih mulai Semester 5, yaitu:

  • Teknik Tenaga Listrik
  • Teknologi Informasi

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh di brosur berikut ini.

Brosur Pendaftaran

Brosur Halaman 1

Halaman 1 (Klik untuk memperbesar)

Brosur Halaman 2

Halaman 2 (Klik untuk memperbesar)


Bulan Agustus merupakan bulan penting bagi Unimus karena disamping ada HUT RI, Milad UNIMUS juga ada pada bulan Agustus. UNIMUS melaksanakan rangkaian kegiatan milad ke-17, yang diperingati setiap tanggal 4 Agustus. Tahun ini milad dilaksanakan bersamaan dengan pelepasan keberangkatan haji karyawan Unimus dan penyerahan SK purna tugas karyawan Unimus dalam kegiatan rutin kajian Kamis pagi di Masjid At-Taqwa Unimus.

Rangkaian kegiatan tersebut diawali kajian dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Yusuf Suyono. Melalui tausiyahnya, beliau memberikan penguatan kepada seluruh hadirin yang hadir, dan karyawan yang akan berangkat ibadah haji khususnya, mengenai rukun-rukun ibadah haji yang wajib dilaksanakan. Pokok terpenting dari ibadah haji adalah, memperoleh haji yang mabrur, ditandai dengan pengamalan agama lebih baik daripada sebelum berangkat, yaitu kembali dalam keadaan bertaubat kepada Allah, istiqamah (konsisten) dalam menjalankan ketaatan-ketaatan kepada-Nya, dan terus-menerus dalam keadaan seperti itu. Dengan begitu, hajinya menjadi titik tolak baginya kepada kearah kebaikan, dan selalu menjadi peringatan baginya untuk memperbaiki jalan hidupnya.

Dalam rangka Milad UNIMUS ke-17 dan HUT RI ke-71 ini Program Studi Teknik Elektro meluncurkan program Peduli Pendidikan. Dalam program ini diberikan Voucher 50% biaya pendidikan SPI (syarat dan ketentuan berlaku) bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan di S1 Teknik Elektro. Hal ini diberikan untuk mengapresiasi calon mahasiswa baru yang punya semangat untuk berjuang melanjutkan studi di Prodi Teknik Elektro di bulan Agustus ini. Informasi lebih lanjut tentang program ini bisa ditanyakan ke bagian informasi PMB FT UNIMUS di hall Rektorat UNIMUS lantai 1.


Bidikmisi adalah program beasiswa untuk memberi kesempatan kepada seluruh masyarakat yang ingin melanjutkan studi (kuliah) namun mengalami keterbatasan masalah dana/biaya. Pemerintah melalui Belmawa Ristekdikti memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa yang diterima program ini. Di samping itu mahasiswa diberi uang saku utnuk biaya hidup perbulan selama kuliah.

Prosedur pendaftaran Bidikmisi sebagai berikut :

  1. Mendaftar di Belmawa Ristekdikti secara online di halaman bidikmisi belmawa ristekdikti
  2. Mendaftar di Teknik Elektro UNIMUS secara online di halaman PMB UNIMUS.
  3. Melengkapi persyaratan sesuai ketentuan.

Panduan dan keterangan lengkap tersedia di halaman bidikmisi belmawa ristekdikti.

Persyaratan peserta Bidikmisi sebagai berikut :

  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang lulus pada tahun 2016;
  2. Lulusan tahun 2015 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
    a. Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
    b. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp.3.000.000,- per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
  7. Mendaftar ke Teknik Elektro UNIMUS secara online di PMB UNIMUS.
  8. Menyerahkan berkas persyaratan ke PMB UNIMUS Jl. Kedungmundu Raya no.18 Semarang.

Tanggal penting berkenaan Jadwal sebagai berikut :

No. Nama Kegiatan Dibuka Ditutup
1 Pendaftaran Sekolah 04 Februari 2016 01 September 2016
2 Pendaftaran Siswa 04 Februari 2016 01 September 2016
3 Seleksi Mandiri UNIMUS 04 Januari 31 Agustus 2016

 


PROBEA sebagai bentuk kepedulian Unimus memberi kesempatan calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi untuk  mengenyam studi lanjut. Program ini diperuntukkan bagi siswa dari keluarga tidak mampu maupun calon mahasiswa yang berasal dari Panti Asuhan. Calon mahasiswa dapat mengikuti seleksi tanpa dipungut biaya pendaftaran dengan menunjukkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau panti asuhan, serta surat rekomendasi pimpinan Muhammadiyah setempat bagi kader persyarikatan. Kemudian syarat lainnya, calon mahasiswa menyertakan fotokopi nilai raport dari semester I-IV yang sudah dilegalisir, beserta surat permohonan beasiswa kepada Rektor. Mahasiswa yang mendaftar melalui Jalur Probea dapat memilih program studi yang ditawarkan Unimus dan wajib mengikuti proses seleksi.

Maksud dan Tujuan
  1. Menciptakan jaringan kerjasama.
  2. Memberikan kepedulian sosial kepada masyarakat kurang mampu.
  3. Memberikan sumbangan bagi pengembangan kader persyarikatan.
Sasaran
  1. Panti Asuhan Muhammadiyah dan Aisyiah se-Indonesia.
  2. Panti Asuhan Non Persyarikatan.
  3. Masyarakat umum keluarga kurang mampu.
Ketentuan dan Syarat Calon
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Peserta adalah anak asuh panti asuhan yang sedang menempuh pendidikan kelas XII SMA/SMK.
  3. Peserta diusulkan secara resmi oleh Pengurus Panti Asuhan, dibuktikan dengan surat rekomendasi (surat keterangan)
  4. Peserta berasal dari keluarga kurang mampu, ditunjukkan oleh Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan.
  5. Bagi aktifis dan kader Muhammadiyah, wajib melampirkan Surat Rekomendasi dari Pimpinan Muhammadiyah setempat minimal pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM).
  6. Melampirkan fotocopy nilai ijazah atau nilai rapor semester 1 – 5 dengan keterangan kelulusan (bagi yang belum menerima ijazah).
  7. Fotokopi  ijazah dan SKHU SMA/MA/SMK/Sederajat yang sudah dilegalisir.
  8. Pas photo berwarna ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar.
  9. Peserta mengajukan lamaran untuk dapat diterima sebagai mahasiswa Program Beasiswa Dhuafa (Probea) kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang, dengan melampirkan kelengkapan persyaratan di atas.
  10. Ketentuan penempatan program studi bagi penerima beasiswa program ini menjadi kewenangan mutlak Rektor UNIMUS dan tidak dapat diganggu gugat.
  11. Pada tahun akademik/ajaran 2015/2016 siswa duduk di tahun terakhir SMA / SMK Negeri/Swasta.
  12. Tidak mempunyai cacat tubuh yang dapat mengganggu kelancaran belajar.
  13. Peserta dibebaskan dari biaya pendaftaran.
Prosedur Pendaftaran
  1. Mendaftar secara online di halaman PMB UNIMUS. Isi probea pada pilihan jalur. Lengkapi isian formulir online. Pilih S1 Teknik Elektro pada pilihan Program Studi.
  2. Berkas pendaftaran berisi semua persyaratan disertai kelengkapan persyaratan calon peserta seleksi PROBEA dimasukkan dalam stopmaf warna kuning dan dimasukkan sampul coklat (bagi yang dikirim per pos) dan ditujukan ke :
    PMB Jalur PROBEA Tahun 2016/2017
    UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG (UNIMUS)
    Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang 50273
    Tel. (024) 76740293
    Fax (024) 76740293
    Email : admisi@unimus.ac.id
    Website : www.unimus.ac.id
  3. Berkas pendaftaran dapat dikirim lewat pos atau disampaikan langsung ke panitia di kampus terpadu UNIMUS. Penerimaan berkas pendaftaran dilayani Hari Senin – Jum’at, pukul 08.00–16.00 WIB  untuk 

Tanggal Penting

Tahap 1:  dilayani s/d 31 Desember 2015  

Tahap 2:  dilayani s/d 26 Maret 2016

Tahap 3: dilayani s/d 30 Juni 2016

Pengumuman dan Registrasi

  1. Hasil seleksi akan disampaikan pada tanggal 13 Januari 2016 untuk Tahap 1, Tahap 2 pada tanggal 7 April 2016 dan Tahap 3 pada tanggal 19 Juli 2016
  2. Peserta yang diterima harus melakukan registrasi paling lambat 1 minggu setelah pengumuman.
  3. Peserta yang diterima mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan peserta lain yang mengikuti tes tertulis Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMUS.

Biaya Pendidikan

Peserta yang diterima berlaku skim pembiayaan sebagai berikut :
  1. Peserta hanya dikenakan biaya DPM (Dana Pengembangan Mahasiswa) dibayarkan pada saat registrasi dan hanya sekali selama kuliah.
  2. Penerima program Probea dibebaskan dari kewajiban pembayaran biaya SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan), SKS dan SPI (Sumbangan Pengembangan Pendidikan) selama 1 (satu) semester.
  3. Apabila pada akhir semester nilai indeks prestasi mahasiswa yang bersangkutan memenuhi persyaratan sebesar 3,00 (program studi kelompok IPS) dan 2,75 (program studi kelompok IPA), beasiswa dapat dilanjutkan pada semester 2 dan demikian selanjutnya untuk semester-semester berikutnya.
  4. Apabila persyaratan nilai indeks prestasi tersebut tidak dapat dipenuhi, maka beasiswa Probea tidak dapat dilanjutkan pada semester berikutnya.

Pendaftaran mahasiswa baru UNIMUS tahun ajaran 2016/2017, klik disini

formulir seleksi pmb non tes pemikat permasi probea perkoni

formulir seleksi pmb non tes elektro unimus